Motor jenis ini paling banyak populasinya se jagat raya, seantero dunia ideal buat jalan – jalan di pedesaan dan offroad ringan, setiap pabrikan motor /ATPM produksi motor seperti ini , ciri :
- Berat motor kisaran 120kg s/d 165 kg
- Posisi mesin yang rendah ( Weight Geometri ) dengan maksud agar motor nyaman di gravel dan bebatuan
- Dilengkapi asesoris kelengkapan standar lalu lintas seperti lampu utama, sein, spion, Odometer, speedo meter sampai trip meter dan klakson
- Shock depan biasanya telescopik kalaupun Up Side Down ngak ada Pre compresinya
- Motor tidak terlalu tinggi
- Contoh Honda : CRF 230L, CRF230f, XLR 250, XR 250, CRM200, KLX 250/150 and more....
2. Trials
Motor ini biasa digunakan untuk jenis medan terjar dan cadas mempunyai bobot ringan kurang 80kg , komunitas motor ini ada di dareah jawa tengah Seputaran Bantul dan sekitarnya dengan ciri :
- Sumbu roda pendek
- Foot peg / injakan kaki agak ke belakang mendekati as roda belakang
- Roda set 21/18
- Hampir tidak memiliki jok dengan harapan rider dapat mengatur body balance dengan baik
- Contoh motor BETA Evo, Honda TLR 200 / TLM, Gas-Gas, Scorpa and more
- Compound ban yang empuk ( Muahaaa..al )
- Torsi motor besar, kalau mas bro belum bisa Wheelie, Stoppie dan bunny Hope jangan coba punya motor berjenis ini nanti di ketawain
- Low Rasio, motor ngak bisa lari apalagi buat speed offroad
- Kapasitas tangki yang kecil
- Travel Shock depan belakang pendek
Classic Trial
Modern Trial
Sumber : Google and More....
No comments:
Post a Comment